Sukses

Mau Rem Motor Sport Makin Pakem? Ganti Kaliper Monoblok

Kaliper rem monoblock bisa menjadi solusi agar pengereman lebih pakem. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, pemilik motor sport berkapasitas 250 cc ke atas, selalu mengendarai motornya dengan kecepatan tinggi. Dengan begitu, pasti membutuhkan sistem pengereman yang mumpuni, untuk tetap safety di jalan raya.

Dijelaskan Marcell, Chief Mechanic di MotoTAG, bengkel spesialis motor sport dan modifikasi, selain pilihan sistem pengereman radial dan axial, serta floating disc, kini juga tersedia sistem pengereman dengan kaliper monoblock.

"Kita menyebutnya kaliper monoblock, yaitu berdiri tegak 90 derajat. Sistem pengereman ini memiliki daya cengkram yang lebih baik atau lebih pakem, dibanding yang 45 derajat," jelas Marcell saat berbincang dengan Liputan6.com, di bengkelnya yang terletak di Jalan Kembang Kerep Raya, Meruya Utara, Jakarta Barat, Senin (8/5/2017).

Lanjut pria ramah ini, pengaplikasian kaliper monoblock ini bisa digunakan untuk motor jenis apapun. Tidak terbatas di motor sport saja, seperti naked bike, skutik, ataupun motor custom.

"Kalau pemasangan di motor apa saja, tinggal mengubah braket saja. Tinggal mencocokkan baut di sokbreker, tatakan kampas rem juga harus di tengah cakram, dan mainkan sudutnya hingga pas," tambahnya.

"Untuk kaliper monoblock yang beredar saat ini, yaitu Brembo GPRX4 Chrome, dengan ukuran 100 milimeter. Untuk umur pemakaiannya, tergantung gaya berkendara. Kalau kita sering ngerem dengan jarak-jarak dekat, pasti kampasnya cepat habis juga," tegasnya.

Untuk saat ini, dudukan kaliper monoblock yang tersedia baru untuk Honda CBR250RR, dan Kawasaki Ninja 250, dan untuk Yamaha R25 bakal tersedia dalam waktu dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini