Sukses

Menhub Bakal Temui Australia Terkait Larangan Naik Lion Air

Meski, Menhub Budi Karya mengakui, larangan penggunaan Lion Air dari Australia tersebut sebenarnya hanya memberi pengaruh kecil ke Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana menemui pihak Australia terkait larangan warga negari Kangguru ini menggunakan maskapai Lion Air jika berkunjung ke Indonesia.

"Kita akan jelaskan, karena pihak luar telah menvonis kita. Mungkin besok atau lusa minta waktu bertemu," kata Budi Karya di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Menhub menjelaskan, pihaknya akan mengajak bicara dan meminta penjelasan terkait larangan terhadap warga Australia tersebut.

Budi Karya mengakui, larangan tersebut sebenarnya hanya memberi pengaruh kecil ke Tanah Air. Sebab, penerbangan Lion Group ke Australia masih sedikit. Lion Air paling banyak melayani penerbangan ke Singapura dan Malaysia.

"Tapi bukan masalah itu, karena ini masalah reputasi, sehingga harus kita jelaskan," kata Budi Karya seperti dilansir Antara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Larangan Australia

Pemerintah Australia melarang warganya menggunakan maskapai Lion Air jika hendak berkunjung ke Indonesia setelah terjadi musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin, 29 Oktober 2018.

"Pejabat dan kontraktor telah diinstruksikan untuk tidak terbang menggunakan Lion Air maupun anak usahanya," tulis pernyataan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia melalui situsnya.

Dalam pernyataannya, Pemerintah Australia menyatakan keputusan itu akan kembali ditinjau setelah diketahui hasil investigasi terhadap penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.