Sukses

Motif Batik Ciamis Gambarkan Sejarah Kerajaan

Setiap batik memiliki ciri khas masing-masing. Mulai dari segi pembuatan, latar belakang motif, dan sebagainya. Untuk batik Ciamis, motifnya biasanya menggambarkan sejarah kerajaan di Jawa Barat.

Liputan6.com, Ciamis: Setiap batik memiliki ciri khas masing-masing. Mulai dari segi pembuatan, latar belakang motif, dan sebagainya. Untuk motif batik Ciamis biasanya menggambarkan sejarah Kerajaan Galuh di Jawa Barat pada saat dahulu kala.

Contohnya saja tiga motif batik Ciamis. Yakni motif Ciung Wanara, Batu Hiu, dan Galuh Pakuan yang diambil dari sejarah Kabupaten Ciamis.

"Terus kita punya motif khas, ada yang Ciung Wanara, itu sejarah Ciamis, dimana pada saat itu ada perebuatn kekuatan ciamis. Lalu motif Galuk Pakuan, diambil dari gagang keris Raja Galuh. Sedangkan motif batu hiu diambil dari pariwisata di pangandaran. Lalu, ada juga motif Parang Sontak, ini motif batik ciamis waktu dulu, yang warnanya cuma coklat dan putih," ujar pegawai gerai Koperasi Rukun Batik, Dewi, Ciamis, Jawa Barat, Kamis (18/8).

Selain motif, ada hal lain yang membedakan batik Ciamis dengan batik lainya. Yaitu warnanya yang lebih kental ketimbang batik lainnya. "Batik Ciamis lebih kental warnanya ya," tambah Dewi.

Kini, lanjut Dewi, untuk mengikuti permintaan pasar, batik Ciamis lebih memainkan berbagai macam warna. "Mengikuti zaman, keingingan pasar juga," katanya.

Perlu diketahui, dalam proses pembuatan batik Ciamis itu pertama kain dicap, lalu ditulis. Tetapi juga ada yang batik murni ditulis, tergantung dengan permintaan.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini