Sukses

Jokowi Minta Ulama Tolak Berita Hoax

Jokowi menilai penyebaran berita hoax sudah sangat meresahkan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menerima kedatangan sejumlah ulama dari Jawa Barat di Istana Negara, Selasa (3/4/2018). Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta para ulama untuk menolak penyebaran berita palsu atau hoax.

"Ada arahan Presiden Jokowi antara lain menolak agar kami menangkal berita-berita hoax, supaya tidak meresahkan masyarakat," ujar Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Rachmat Syafei, usai pertemuan di Istana Kepresidenan.

Menurut Rachmat, penyebaran berita hoax sudah sangat meresahkan. Oleh karenanya, para ulama di Jabar berkewajiban mengingatkan masyarakat agar tak mudah terpengaruh berita-berita hoax.

"Ulama mempunyai kewajiban mengingatkan bahwa berita-berita itu adalah menyesatkan, dan harus diatasi," kata Rachmat.

Selain membahas tentang pencegahan berita hoax, sambung Rachmat, pihaknya juga membicarakan tentang kehidupan masyarakat di pesantren dan perkembangan ekonomi para santri.

"Tentunya Presiden Jokowi ingin menghidupkan ekonomi di pesantren dan masyarakat bawah ya. Kami hanya ingin punya hak untuk diperhatikan itu saja," ucap Rachmat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantah Bahas Dukungan Politik

Sementara, Rachmat membantah bahwa pertemuannya dengan Jokowi turut membahas tentang dukungan politik untuk Pilpres 2019 mendatang.

Menurut dia, kedatangan para ulama Jabar sebatas bersilaturahmi dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

"Ya kan itu politik, tidak mengatakan. Hanya doa saja supaya sehat lahir batin, supaya bisa melaksanakan tugas negara. Itu yang diungkapkan," terang Rachmat.

"Dan memberi masukan bahwa ada kebijakan yang melenceng. Kita berikan masukan. Misalnya tentang masalah kesehatan, sanitasi, air minum sehat yang berjalan," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.