Sukses

Ketua DPR Minta Imigrasi Tingkatkan Pengawasan WNA

Ketua DPR ini juga mengharapkan BIN dapat membantu terkait pergerakan WNA.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo menginginkan seluruh jajaran pemerintah dapat terlibat langsung mengenai persoalan warga negara asing (WNA). Dia menyebut hal itu terkait adanya pengungkapan sejumlah kasus penyalahgunaan visa wisata oleh WNA asal Tiongkok.

Pria yang biasa disapa Bamsoet ini menyebut pemerintah pusat telah memiliki tim pengawas orang asing (Timpora). Sehingga lebih mudah dalam mencegah dan mengawasi secara bersama terkait adanya aktivitas ilegal dan pelanggaran hukum.

"Kami minta Direktorat Jenderal Imigrasi dan Timpora untuk meningkatkan kinerja dalam melakukan pengawasan," kata Bamsoet di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Politikus Golkar ini juga mengharapkan agar Badan Intelijen Negara (BIN) dapat membantu terkait pergerakan WNA. Tak hanya itu, dia juga menginginkan Komisi I DPR dapat bekerja sama. Sehingga tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah dalam bebas visa.

"Ini untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap WNA yang datang ke Indonesia sesuai dengan tujuan kedatangan," ujar dia.

Bamsoet juga meminta kepada pihak Imigrasi untuk memperkekat pemberian izin kepada WNA yang datang ke Indonesia.

"Agar memperketat pemberian izin masuk dan melakukan pengawasan kunjungan WNA agar penyalahgunaan visa tidak terjadi lagi," jelas Bamsoet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.