Sukses

Cita-Cita Pembentukan Densus Antikorupsi

Polri mengusulkan pembentukan Densus Antikorupsi yang akan bersinergi dengan KPK dan Kejaksaan Agung dalam penanganan kasus-kasus korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito karnavian memastikan pembentukan Densus Antikorupsi tidak bertujuan untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, detasemen khusus itu akan bersinergi dengan KPK dan Kejaksaan Agung dalam penanganan kasus-kasus korupsi.

Saat ini, Polri sudah menyusun struktur Densus Antikorupsi dan menunggu pembahasan di rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Rencana (Densus Antikorupsi) itu masih usulan. Minggu depan kami bahas dalam ratas," kata Jokowi di Jakarta, Kamis 19 Oktober 2017.

Rencananya, Densus Antikorupsi akan berkedudukan langsung di bawah Kapolri dan dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat irjen. Polri pun akan memberdayakan sumber daya manusia yang tersebar dari tingkat pusat hingga kewilayahan untuk lakukan penindakan dan pencegahan tindak pidana korupsi.

Selengkapnya dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini