Sukses

BLK Ambon Tingkatkan Sinergi dengan Dunia Industri

BLK Ambon Tingkatkan Sinergi dengan Dunia Industri

Liputan6.com, Ambon Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon terus meningkatkan sinergi dengan dunia industri. Upaya ini dilakukan dengan dibentuknya Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah (FKLPID) BLK Ambon.

Dengan terbentuknya FKLPID tersebut, diharapkan alumni pelatihan BLK Ambon memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Selain itu, FKLPID juga membantu mereka agar lebih cepat terserap pasar kerja.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan sinergitas antara lembaga pelatihan kerja dengan industri dalam rangka penyiapan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya," ujar Dirjen Binalattas Kemnaker, Bambang Satrio Lelono, di acara Pengukuhan Pengurus FKLPID BLK Ambon di Ambon, Kamis (28/9/2017).

Pengukuhan FKLPID BLK Ambon diikuti oleh 42 orang yang mewakili 42 industri di Kota Ambon. Dengan adanya forum komunikasi ini, Satrio yakin bahwa pelatihan di BLK Ambon akan lebih sinergis dengan industri setempat.

"Manfaat dari kegiatan ini dapat terjalin sinergi antara BLK dan industri dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Provinsi Maluku, sesuai dengan potensi daerah yang dimiliki," ucap Bambang.

Sinergitas tersebut juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan industri setempat akan kebutuhan tenaga kerja kompeten.

"Dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja jangka pendek, maka pelatihan vokasi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Blok Masela Maluku Barat Daya," kata Bambang.

Ia pun mengapresiasi komitmen industri lokal dalam pembentukan FKLPID tersebut dan meminta dunia industri untuk tidak menjadikan investasi SDM sebagai beban. Investasi SDM harus dilihat sebagai sebuah perencanaan jangka panjang dunia industri.

"Perlunya industri mengalokasikan dana melalui pengembangan pelatihan di wilayah Provinsi Maluku," ujar Bambang.(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.