Sukses

Kisah Mantan TKI, Sukses Bangun Usaha Hanya Modal 3 Rak

TKI jebolan pesantren modern di Ponorogo ini terbilang pejuang sejati yang pantang menyerah. Bagaimana kisahnya?

Liputan6.com, Jakarta Petualangan pemuda asal Ponorogo Jatim bernama Isnaini Faiz Prakoso (44) patut diacungi jempol. Setelah putus nyambung menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke negara Korea dan kalidua ke negara Taiwan, Prakoso akhirnya kini sudah memiliki usaha kelontong A3 Mart di kawasan protokol Jalan Mayjen Sutoyo 15, Ponorogo, Jawa Timur.

Dilahirkan dari keluarga buruh petani, TKI jebolan pesantren modern di Ponorogo ini terbilang pejuang sejati yang pantang menyerah. Bermodalkan pinjaman BRI senilai Rp1,4juta, pria yang karib disapa Pak Pras, ini berangkat ke negeri ginseng.

"Saya terinspirasi dari teman-teman yang mudah membeli rumah atau kendaraan dan bisa mengetahui budaya negara lain, langsung membulatkan tekad menjadi TKI ke Korea awal tahun 1996, " kata istri dari Nuryanti (41) dan ayah satu orang anak ini saat menceritakan kisahnya dalam acara Smesco Bussiness Festival di gedung Smesco Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Dua tahun menjadi TKI di Korea dan memperoleh gaji sekitar Rp1jt/bulan, Pras akhirnya kembali ke Indonesia karena krisis melanda dunia dan perusahaannya di Korea mengalami bangkrut.

"Hasil jerih payah selama dua tahun menjadi TKI akhirnya ludes, karena orangtua saya memberi pinjaman ke tetangga, " kata pria kelahiran Warak, Ponorogo, 14 Mei 1973 itu dengan aksen Jawa yang kental.

Pras belum menyerah. Setahun berikutnya kembali menjadi TKI di Taiwan setelah meminjam uang ke Bank dengan jaminan sertifikat dan tanpa bantuan dana dari orangtua. Tekadnya hanya satu yakni memiliki aset di tepi jalan ketika kelak kembali dari Taiwan.

Singkat cerita, setelah menjadi TKI di Taiwan, Pras akhirnya berhasil membeli rumah toko (ruko) dan dibuat dua lantai. Ruko tersebut dikontrakkan dan dibuatkan keramik oleh pengontraknya. "Hasil jerih payah menjadi TKI di Taiwan pun habis karena saat membangun tanpa RAB (rencana anggaran belanja) yang matang. Saya terlalu percaya dengan tukang, " kata Pras.

Sejatinya Pras ingin kembali ke Taiwan. Namun adanya moratorium era presiden Megawati Soekarnoputri ketika itu, Pras akhirnya tinggal dengan mertuanya untuk wirausaha jual beli palawija.

Pras pun kembali ke Taiwan kali keduanya setelah meminjam emas tetangganya. Meski terseok-seok, Pras yang menjadi tenaga operator mesin dipercaya menjadi penterjemah atau translater mengingat latarbelakangnya berasal dari pondok pesantren modern. Selain itu, Pras mengaku berinisitif menjual pulsa dan produk makanan Indonesia seperti Mie, rokok maupun saos.

"Target pasarnya ya TKI yang jumlahnya 130-200 orang. Akhirnya tumbuh jiwa wiraswasta dan saya juga dipercaya menjadi agen jasa pengiriman uang para TKI di Taiwan ke Indonesia. Ya seperti TIKI/JNE gitu," ujarnya.

Merasa memiliki cukup modal dan pinjaman dari Bank, Pras akhirnya kembali ke Indonesia dan mulai membuka toko pada tahun 2008 bernama A3 Mart. Dengan berbagai kendala dan terbatasnya SDM, Pras mengawali dengan tiga rak. Secara perlahan, kini Pras telah memiliki karyawan 15 orang dengan omzet Rp15juta perhari.

"Alhamdulillah, sekarang saya juga dipercaya menjadi motivator dan Ketua Sampoerna Ritel Community, " katanya seraya mengatakan sebagai mantan TKI, Pras berharap agar seluruh proses administrasi pemberangkatan TKI ke luar dipangkas semaksimal mungkin.

Ditanya apa motto atau resepnya menjadi sukses, Pras berujar singkat. "
Motto saya mulailah dari sekarang. Untuk sukses tidak harus menunggu sempurna sebab tak ada manusia yang sempurna. Kedua, bertanyalah kita hendak kemana? Tapi jangan tanya kita darimana, " ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kemnaker adalah salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan ketenagakerjaan.

    Kemnaker