Sukses

Guncangan Gempa Sukabumi Terasa hingga Bogor

Berdasarkan data BNPB, gempa tak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warga Bogor, Jawa Barat merasakan guncangan gempa yang terjadi di Kota Sukabumi, Senin sekitar pukul 06.15 WIB selama beberapa detik.

Guncangan gempa terasa cukup kuat sekitar lima detik lebih. Guncangan cukup kuat hingga mampu mengoyangkan tempat tidur.

"Saya pikiran cuma perasaan saya saja. Antara tidur dan tidak, ternyata benaran gempa," kata Ismi warga Kedung Halang, Senin (12/6/2017).

Hal senada juga disampaikan Desta warga Kota Bogor yang merasakan guncangan gempa cukup kuat menggoyang Kantor PD Pasar Pakuan Jaya. "Di kantor PD PPJ kerasa banget," ucap dia seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, A Latif menginformasikan gempa terasa pukul 6.17 dengan skala kecil. "Mudah-mudahan tidak ada kerusakan," katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Dramaga menginformasikan pusat gempat terjadi di Kota Sukabumi dengan kekuatan 6,3 Skala Richter.

Gempa tercatat terjadi pukul 06.15.07 WIB, terletak di 8.36 lintang selatan 106.18 bujur timur, kedalaman 10 KM.

Pusat gempa terjadi dengan jarak antar kota yakni 179 KM barat daya Kota Sukabumi, 187 KM barat daya Kabupaten Sukabumi, 199 KM barat daya Lebak, Banten, 226 KM barat daya Bandung, dan 253 KM barat daya Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Sukabumi