Sukses

5 Trik Jitu Tidur Nyaman di Pesawat Saat Penerbangan Panjang

Berikut ini sederet tips agar tidur nyaman di pesawat ketika menjalani penerbangan panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Berada dalam penerbangan yang panjang tidak hanya membosankan, tetapi juga melelahkan. Tidak banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan selain duduk dan menikmati beberapa fasilitas yang disediakan maskapai.

Salah satu cara jitu untuk 'membunuh' waktu selama penerbangan panjang tidak lain dengan tidur. Namun tak bisa dipungkiri, kenyamanan tentu berkurang dan tidur yang kurang nyenyak.

Lantas, apa saja cara untuk bisa tidur nyaman saat penerbangan panjang? Simak selengkapmya lewat rangkuman Fimela.com di bawah ini.

1. Jangan Banyak Makan

Sebelum penerbangan, makanlah maksimal 2 jam. Bukan tanpa alasan, tetapi agar tubuh Anda tidak terlalu bekerja keras dan dapat rileks di pesawat. Jangan lupa perhatikan makanan yang dikonsumsi. Jika memungkinkan, cari yang mendukung kenyamanan tidur.

Kafein dan alkohol harus dihindari. Meski ada penerbangan yang menawarkan minuman beralkohol untuk memberi efek kantuk, tetapi efek ini hanya akan bertahan sebentar. Setelah itu, Anda bakal sulit tidur karena sakit kepala, buang air kecil terus menerus, hingga haus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Stimulasi dengan Wewangian

Anda dapat mencoba lavender oil karena wanginya dapat menstimulasi rasa kantuk saat penerbangan panjang. Anda dapat teteskan lavender oil ke masker mulut, atau oleskan sedikit di tubuh setelah duduk di pesawat.

3. Bawa Bantal Leher

Bantal leher dapat membantu mengurangi rasa pegal di leher akibat posisi tidur yang tak nyaman. Anda juga bisa turunkan sandaran kursi setelah take-off dan minta selimut pada pramugari agar tak kedinginan.

3 dari 3 halaman

4. Bawa Earplug dan Penutup Mata

Mengurangi gangguan dari luar, earplug dan penutup mata sangat membantu. Hal ini dikarenakan Anda tidak dapat selalu meminta orang sekitar untuk diam atau menghindari sumber cahaya.

5. Pilih Kursi yang Nyaman

Meski tidak di bussiness class, setidaknya pilihlah window seat agar tidak terganggu dengan orang lalu lalang. Manfaatkan fasilitas pilih kursi yang tersedia saat beli tiket atau check in. (Fitri Andiani/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.