Sukses

Kumur-Kumur Setelah Gosok Gigi Bisa Berbahaya, Kenapa?

Ternyata, kebiasaan kumur-kumur yang biasa kita lakukan setelah gosok gigi bisa berbahaya. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan gosok gigi merupakan hal yang baik untuk kesehatan kita. Namun banyak yang tidak tahu bahwa kumur-kumur setelah gosok gigi bisa menimbulkan dampak bahaya. Kenapa hal ini dapat terjadi? Inilah hasil penelitian yang dirilis dari Lifehack.org, Jumat (21/4/2017).

Banyak orang yang melakukan kumur-kumur setelah gosok gigi untuk mengeluarkan sisa busa dari pasta gigi. Tentunya proses ini membuat mulut jadi bersih dan nafas lebih segar. Namun ada hasil berbeda dari National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat, yang menyatakan proses kumur-kumur bisa menyimpan bahaya bagi gigi dan mulut.

Mereka menyatakan, seluruh fluoride yang dibutuhkan oleh gigi akan langsung menghilang bila Anda langsung kumur-kumur setelah menggosok gigi. Tentunya fluoride sendiri dibutuhkan untuk kesehatan gigi agar makin kuat dan bersih, yang menghindari kerusakan langsung dari bakteri.

Namun, ada pula penelitian yang menyatakan bahwa fluoride sendiri tidak baik untuk tubuh karena bersifat racun. Untuk itu cara terbaik mempertahankan fluoride yang cukup untuk gigi adalah membersihkannya dengan sedikit air.

Kumur-kumur dengan sedikit air setelah gosok gigi dapat mempertahankan fluoride yang dibutuhkan gigi dan membersihkan busa dalam mulut. Lakukan kumur-kumur ini sekali saja setelah sebelumnya gosok gigi dua menit untuk memastikan semua gigi bersih sempurna.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini