Sukses

Diet Mati-Matian tapi Selalu Gagal, Ini 5 Kesalahan Dalam Penurunan Berat Badan

Ini penyebab seseorang gagal dalam menurunkan berat badan

Liputan6.com, Jakarta - Proses menurunkan berat badan mungkin dapat membuat frustasi. Tak ada solusi yang ajaib yang dapat membuat seseorang mencapai tujuannya dalam sekejab.

Sebaliknya, kita seringkali diharuskan mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang dibutuhkan tubuh.

Ada banyak alasan seseorang belum berhasil dengan tujuannya menurunkan berat badan. Berikut beberapa tindakan yang mencegah seseorang menurunkan berat badannya, seperti dikutip dari Eat This pada Senin, 5 September 2022.

1. Makan makanan sehat berlebihan 

Anda penting untuk makan makanan yang tidak hanya disukai tetapi juga padat nutrisi. Namun, beberapa ahli diet merekomendasikan untuk mengukur porsi agar tidak berlebihan pada kalori.

"Makanan seperti kacang-kacangan, selai kacang, hummus, dan alpukat semuanya kaya nutrisi, makanan yang luar biasa untuk Anda, semuanya mengandung lemak sehat dan mengandung lebih banyak kalori daripada karbohidrat atau protein lainnya," kata Penulis LD dari The Sports Nutrition Playbook, Amy Goodson, MS, RD, CSSD. 

Sosok yang juga anggota Dewan Ahli Medis menambahkan bahwa orang yang ingin menurunkan berat badan berpikir, makanan yang sehat itu baik sehingga tidak masalah berapa banyak yang dimakan. Nyatanya ini tidak benar.

"Ukuran porsi adalah kunci ketika mencoba diet menurunkan berat badan, jadi, hitunglah kacang Anda dan mengukur selai kacang dan hummus Anda adalah kunci kesuksesan," katanya.

2. Tidak makan cukup protein

Makan cukup protein sepanjang hari diperlukan untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mengelola penurunan berat badan. 

"Protein sangat penting untuk menurunkan berat badan karena membantu meluruhkan lemak dan membangun otot, tapi sayangnya, banyak orang makan makanan yang kekurangan protein," kata penulis di Go Wellness, Courtney D'Angelo, MS, RD.

Kesalahan karena tidak makan cukup protein ini sering kali berasal dari kekhawatiran menjadi gemuk. Ini tidak benar

"Rekomendasi saya untuk membeli sumber protein adalah dada ayam, burger kalkun, sosis ayam, ikan," kata D'Angelo.

"Kemungkinan besar, setelah makan sumber protein, Anda akan kurang rentan untuk makan camilan tidak sehat atau lauk pauk yang penuh dengan kalori tinggi, gula, biji-bijian olahan dan sebagainya," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Memasak Menggunakan Terlalu Banyak Minyak  

Berapa banyak minyak yang Anda gunakan dapat berdampak pada tujuan penurunan berat badan Anda.

"Minyak adalah salah satu bahan yang membuat kepadatan kalori makanan meningkat secara signifikan dan cepat," kata ahli diet terdaftar di Balance One Supplements, Trista Best, MPH, RD, LD.

Anda dapat mengurangi asupan minyak --- dan asupan kalori berikutnya --- dengan mengukur seberapa banyak yang ingin Anda gunakan, yang dapat memberikan perbedaan jika dilakukan secara konsisten, atau bahkan membeli semprotan minyak daripada menuangkan minyak dari botol.

Memasak tanpa minyak juga merupakan pilihan. "Misalnya, saat menumis sayuran, tidak jarang menggunakan minyak zaitun atau mentega extra virgin untuk memulai prosesnya. Namun, menumis air sama efektifnya tanpa membuat hidangan padat nutrisi padat kalori," kata Best.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Mubazir

Goodson menekankan bahwa tujuannya di sini bukan untuk berhenti menghabiskan uang, tetapi untuk memeriksa diri sendiri dan melihat apakah ada saatnya Anda dapat berhemat.

"Kunci untuk berbelanja secara royal adalah memakan sebagian dari apa yang Anda inginkan, tetapi tidak semua yang Anda inginkan," katanya.

Anggap saja dengan aturan 80/20: 80 persen dari waktu fokus untuk tetap berpegang pada rencana dan mengonsumsi biji-bijian, protein tanpa lemak, susu, lemak sehat, buah, dan banyak sayuran, dan 20 persen dari waktu memungkinkan untuk menghabiskan makanan berkalori tinggi yang mungkin tidak sesuai dengan rencana makan harian.

 

 

4 dari 4 halaman

5. Menambahkan Bumbu yang Tidak Sehat  

"Terkadang, kami menambahkan bumbu favorit kami ke makanan kami untuk meningkatkan rasa, tetapi menambahkan bumbu tertentu secara teratur bisa menjadi kesalahan kritis yang mencegah Anda menurunkan berat badan," kata D'Angelo.

Misalnya, Anda menambahkan sirup ke panekuk di pagi hari mungkin terasa enak pada saat itu, tetapi gula tambahan itu akan menyebabkan tubuh Anda mendambakan lebih banyak gula.

"Contoh lain termasuk menambahkan saus barbekyu atau saus tomat untuk makan siang atau makan malam, menuangkan saus 'rendah lemak' ke dalam salad Anda, menambahkan mayones ke sandwich, atau saus teriyaki ke ayam," kata D'Angelo.

Ini bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan bumbu lagi. Tetapi menemukan beberapa alternatif yang lebih sehat untuk pilihan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.