Sukses

Mirip Flu, Sinusitis Menular atau TIdak?

para ahli tidak sepenuhnya menyetujui permasalahan mengenai penularan infeksi sinusitis.

Liputan6.com, Jakarta Infeksi sinusitis seringkali disebabkan oleh organisme menular seperti virus dan bakteri. Namun, para ahli tidak sepenuhnya menyetujui permasalahan mengenai penularan infeksi sinusitis.

Hal tersebut karena infeksi sinusitis dapat disebabkan oleh banyak hal.

"Infeksi sinusitis dapat disebabkan virus atau bakteri yang menyebabkan inflamasi sehingga sinus akan tertarik ke hidung" kata spesialis THT Lisa Liberatore, seperti dikutip dari laman Health.

Sinus merupakan serangkaian rongga tulang tengkorak yang berfungsi mencegah partikel asing seperti debu atau bakteri memasuki tubuh. Sinus ini dilapisi mukus untuk menjebak partikel-partikel tersebut. Selanjutnya bulu-bulu rambut kecil yang disebut cilia akan menyapu kembali partikel tersebut untuk keluar dari tubuh.

Dokter Lisa Liberatore mengatakan bahwa inflamasi dapat menyebabkan lendir terjebak sehingga kuman dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi sinus atau biasa disebut sinusitis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab lain sinusitis

Hal lain yang dapat menyebabkan sinus Anda tertutup juga dapat menyebabkan sinusitis. Infeksi sinus akut yang biasanya terjadi hingga 10 hari kebanyakan disebabkan oleh virus. Namun, bakteri dan jamur juga terkadang menjadi penyebabnya.

Sementara kronik sinusitis yang terjadi lebih dari 10 hari atau terjadi secara berulang dapat meningkatkan resiko lain seperti polip hidung, alergi, permasalahan sistem imun dan deviasi septum nasal.

Otolaryngology Noah Stern mengatakan bahwa penularan infeksi sinus tergantung pada penyebabnya.

"Alergi ataupun masalah terkait inflamasi dapat menyebabkan infeksi sinus tanpa komponen risiko akan menular." kata dokter Noah Stern.

3 dari 3 halaman

Bisa dicegah

Namun, hal lain khususnya virus dapat menyebabkan infeksi sinus. Virus ini biasanya ditularkan karena virus menyebar melalui udara atau ada kontak fisik dengan orang lain. Jika orang lain telah mengalami pilek maka kemungkinan pilek tersebut dapat menjadi infeksi sinus.

Anda dapat mencegah penularan infeksi sinus sama seperti Anda mencegah penularan pilek atau flu. Anda harus selalu menjaga kebersihan.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah melakukan vaksin rutin khususnya vaksin flu tahunan. Virus flu ini dapat berubah menjadi penyakit infeksi sinus. Pastikan juga keluarga Anda melakukan hal yang sama.

 

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini