Sukses

Konsumsi Minuman Soda Usai Olahraga Bikin Semua Sia-Sia

Bila Anda senang minum minuman soda usai olahraga karena terasa menyegarkan, sebaiknya tidak lagi.

Liputan6.com, Jakarta Minum minuman soda setelah olahraga memang terasa puas dan menyegarkan, bukan? Jika Anda pernah mencobanya, atau bahkan sering, mungkin ini saatnya untuk berhenti melakukannya.

Ada beberapa alasan yang mendasari pernyataan ini, dan tentunya didukung oleh banyak penelitian dan bukti ilmiah yang kuat.

Berikut ini adalah tiga alasan mengapa sebaiknya Anda tidak mengonsumsi minuman soda saat atau setelah berolahraga:

Menurunkan performa olahraga

Mengapa bisa mengurangi performa olahraga? Bagi beberapa orang, minuman soda dapat membuat perut kembung. Jika dikonsumsi terlalu banyak dalam waktu yang singkat, jenis minuman ini dapat memproduksi gas berlebihan di lambung sehingga memicu kembung. Hal ini juga bisa terjadi walaupun dengan jumlah soda yang sedikit.

Selain membuat tidak nyaman, kondisi perut kembung juga sangat berpengaruh terhadap performa olahraga. Tidak hanya performa yang menurun, konsentrasi yang terganggu saat olahraga justru dapat membuat Anda rentan terhadap cedera.

dr. Rio Aditya/Klik Dokter

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minuman Soda Menambah Berat Badan

Menambah berat badan

Olahraga memang merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mengontrol atau menurunkan berat badan. Mengonsumsi minuman bersoda setelah berolahraga, terutama dalam jumlah besar, dapat berefek pada penambahan berat badan.

Umumnya, minuman bersoda memiliki kalori yang tinggi. Jika setelah berolahraga Anda membakar 250 kalori, dan minuman soda yang Anda minum mengandung kalori sebesar 300, manfaat yang diinginkan dari olahraga tentunya akan sia-sia belaka. Jadi, siap-siap saja terkejut dengan angka timbangan Anda!

 

3 dari 3 halaman

Dampak Lain Minum Minuman Soda Usai Olahraga

Mengurangi kadar gula darah

Aktivitas olahraga akan membuat kadar gula darah Anda menurun. Nah, dengan mengonsumsi minuman bersoda saat atau setelah olahraga, maka gula darah Anda dapat menjadi lebih rendah, dan ini berbahaya.

Sebagian besar minuman bersoda mengandung gula yang tinggi. Ketika Anda lelah, mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi memang bisa mengembalikan energi, tetapi ternyata efek ini hanya sementara.

Dengan peningkatan gula yang drastis dan kebutuhan energi tetap meningkat, tubuh Anda akan merespons dengan mengambil lebih banyak gula lagi. Alhasil, penyerapan gula di tubuh akan meningkat dan gula darah menjadi rendah.

Oleh karena itu, mengonsumsi air putih setelah olahraga lebih baik ketimbang minum soda. Air putih akan membuat Anda lebih berstamina untuk melanjutkan aktivitas. Dan tentunya, tidak akan menimbulkan perut kembung dan masalah kesehatan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.