Sukses

Anda Kerap Dilanda Kecemasan? Coba Atasi dengan 10 Makanan Ini

Kecemasan merupakan kondisi psikologis yang erat kaitannya dengan sistem syaraf. Makanan ini dipercaya dapat memperbaiki sistem syaraf.

Liputan6.com, Jakarta Kecemasan sangat erat kaitannya dengan kondisi psikologis. Adapun kondisi yang dapat memicu kondisi demikian adalah ketidakpastian. Akan tetapi, ternyata kecemasan juga erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Dilansir Step to Health, Rabu (17/1/2018), Kecemasan yang melanda seseorang ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Apa saja itu? Berikut ulasannya :

1. Sayuran hijau

Sayuran yang berwarna hijau dan gelap kaya akan nutrisi dan baik untuk sistem kerja syaraf. Ahli gizi menganjurkan dua cara mengonsumsi sayuran hijau yang baik, yakni dimakan dalam keadaaan segar dengan dicuci bersih terlebih dahulu, dan yang kedua yaitu dijus dengan mencampurkan sedikit buah-buahan untuk menambah rasa.

2. Sereal gandum

Kudapan yang biasanya dikonsumsi ketika sarapan ini kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan serat. Sereal gandum dapat mengoptimalkan sistem kerja syaraf melalui dua cara, yaitu meremajakan dan meningkatkan energi dan mengatasi gangguan syaraf seperti kecemasan dan mudah tersinggung. Anda dapat menikmati sereal gandum dengan minuman, sup, dan sebagainya.

3. Ragi nutrisi

Jenis ragi buatan ini merupakan salah satu suplemen yang baik bagi Anda yang kerap mengalami kecemasan. Ragi nutrisi mengandung vitamin dan mineral seperti fosfor, kalsium, belerang, magnesium dan seng. Anda dapat menikmati manfaat dari Ragi Nutrisi guna mengatasi kecemasan dengan mencampurkan satu sendok makan (10 gr) per hari dengan jus.

 

Saksikan juga video berikut ini :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengandung bahan alami

4. Daun kemangi

Daun beraroma wangi ini memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi gangguan sistem syaraf. Daun kemangi dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Tak hanya dikonsumsi, mandi dengan air kemangi pun dipercaya baik untuk sistem syaraf.

5. Kenari

Jenis kacang ini merupakan salah satu jenis antidepresan yang baik. Kandungan asam lemak esensial yang terdapat pada kenari mampu mendukung produksi serotonin, hormon yang dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi. Kacang yang menjadi salah satu kegemaran tupai ini dipercaya mampu memperkuat sistem syaraf. Kenari dapat disajikan mentah atau dipanggang terlebih dahulu.

6. Pisang

Selain karena rasanya yang lezat, buah yang satu ini kerap menjadi favorit karena memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Pisang mengandung karbohidrat yang mampu mensuplai energi. Selain itu, buah yang identik dengan monyet ini pun mengandung potasium dan vitamin B yang baik bagi sistem syaraf. 

3 dari 3 halaman

Memperbaiki mood

7. Lemon

Buah berwarna kuning ini dipercaya dapat memperbaiki mood secara alami. Lemon memberikan banyak nutrisi baik bagi tubuh. Anda dapat meminumnya dengan air saja, atau dengan membuatnya menjadi jus.

8. Kacang-kacangan

Jenis kudapan ini selain lezat, juga punya khasiat yang baik bagi tubuh. Kacang-kacangan mengandung magnesium dan vitamin B yang juga merupakan protein nabati dan serat yang sangat baik. Anda dapat menikmatinya dengan memasukkan kacang-kacangan ke dalam sup, dan Anda akan merasa lebih tenang.

9. Cabai rawit

Anda gemar makanan pedas? Bisa jadi anda merupakan salah satu orang yang tidak mudah cemas. Pasalnya, makanan pedas ini punya khasiat mengejutkan, yakni dapat menenangkan saraf dan mengatasi insomnia. Namun demikian, Anda yang memiliki masalah pencernaan, berhati-hatilah untuk mengonsumsi bahan makanan ini.

10. Alpukat

Buah bertekstur lembut ini memiliki khasiat yang luar biasa banyak bagi tubuh. Alpukat mengandung vitamin, mineral, protein, lemak, serat, dan asam esensial. Oleh sebab itu, Anda dapat mencicipi kudapan super komplit ini untuk menenangkan pikiran, sehingga tidak terjadi kecemasan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.