Sukses

Hipertensi Sasar Orang Muda, Kakak Dea Imut Bukti Nyatanya

Hipertensi tidak lagi serang orang berumur tua. Mereka yang berumur muda, seperti Rama, kakak Dea Imut, juga bisa terserang hipertensi

Liputan6.com, Jakarta Penyakit hipertensi sudah merenggut nyawa kakak dari Dea Imut, Rama. Pria 29 tahun yang menderita tekanan darah tinggi itu meninggal pada Senin, 15 Januari 2018. 

Gara-gara hipertensi yang diidap Rama sejak beberapa tahun lalu, kakak nomor dua dari mantan artis cilik itu sempat mengalami serangan jantung pada 20 Desember 2017.

Menurut salah seorang dokter yang juga staf di situs Klik Dokter, dr Kartika Mayasari, hipertensi bukan lagi penyakit orang berumur tua. Dewasa muda seperti kakak Dea Imut juga bisa mengalami sebuah kondisi yang menyebabkan tekanan darah sistolik dan diastolik lebih dari 140 mmHg dan 90 mmHg.

Faktor penyebab hipertensi juga tidak berbeda jauh. Sama-sama dikarenakan faktor genetik, yang merupakan penyebab paling sering. Kemudian obesitas, gaya hidup, kebiasaan merokok, dan doyan makan makanan asin.

"Tekanan berlebihan pada dinding pembuluh darah arteri yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah Anda. Organ tubuh juga dapat rusak," kata Kartika.

Jadi semakin tinggi tekanan darah Anda, semakin besar kerusakan yang terjadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hipertensi yang Diderita Kakak Dea Imut Bisa Sebabkan Komplikasi

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke, aneurisma, gagal jantung, gagal ginjal, dan hilangnya penglihatan.

Serangan jantung yang dialami Rama, kakak Dea Imut, bisa saja terjadi karena tekanan darah tinggi yang memicu pengerasan dan penebalan pembuluh darah arteri (aterosklerosis).

"Akhirnya, aterosklerosis menyebabkan aliran darah yang menuju ke otak dan organ lainnya seperti jantung terhambat, sehingga tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk menjalankan fungsinya," kata Kartika menambahkan.

Hipertensi memang tidak dapat disembuhkan, tapi bisa dikendalikan dengan mengontrol gaya hiduop sehat, olahraga teratur, tidak merokok, dan menjauhi alkohol.

Oleh karena itu, cegah hipertensi sedini mungkin. Orang berumur mudah pun, contohnya saja kakak Dea Imut, bisa terkena hipertensi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini