Sukses

Cara Hilangkan Efek Overdosis Akibat Minum Kopi Berlebihan

Minum kopi berlebihan tak baik buat kesehatan. Bila sudah berlebihan, bisa overdosis. Begini cara menghilangkan efeknya

Liputan6.com, Jakarta Anda penggemar kopi? Mengonsumsi minuman mengandung kafein boleh-boleh saja, tapi dalam batas-batas dan tidak boleh berlebihan. Jika kelebihan kafein, maka akan berdampak pada kesehatan Anda.

Mengapa demikan? Mengonsumsi kafein dalam dosis besar dapat membuat Anda merasa sangat cemas dan waspada. Hal itu juga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin yang bisa meningkatkan detak jantung Anda.

Jumlah kafein yang direkomendasikan setiap hari adalah 400mg dalam sehari yang hampir sama dengan empat cangkir. Ya, setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein, tapi Anda tidak akan merasa terlalu sehat jika mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein dalam sehari.

Seorang ahli gizi, Priya Kathpal, memberitahu bagaimana cara menghilangkan efek overdosis akibat kafein berlebihan, seperti dikutip dari laman The Health Site pada Selasa, 10 Oktober 2017

1. Minum banyak air putih. Tetap terhidrasi bisa meredakan beberapa gejala akibat overdosis kafein dan juga membantu tubuh menghilangkannya.

2. Mengonsumsi makanan kaya potasium dan magnesium. Kafein menghabiskan kadar potasium dan magnesium dalam tubuh yang menyebabkan Anda gugup dan tremor. Jadi, mengonsumsi makanan kaya potasium dan magnesium seperti pisang dan sayur hijau juga bisa membantu.

3. Olahraga ringan. Melakukan olahraga ringan juga bisa membuat Anda merasa jauh lebih baik. Jika Anda mengalami gejala lain seperti nyeri dada, sulit bernapas, bingung, muntah atau detak jantung tidak teratur, saatnya Anda mengambil beberapa pertolongan medis.

Biasanya, dokter menggunakan beberapa metode untuk menarik kafein keluar dari tubuh Anda seperti menggunakan obat pencahar. (Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.