Sukses

Cepat Oleskan 6 Bahan Ini Saat Kena Minyak Goreng Panas

Tak sedikit orang yang langsung mengoleskan odol saat anggota tubuhnya terpercik minyak panas. Padahal, cara tersebut salah.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang langsung mengoleskan odol saat anggota tubuhnya terkena percikan minyak goreng panas. Padahal, cara tersebut justru dapat membuat luka semakin parah. Lalu bagaimana mengatasi luka bakar ringan di dapur?

Melansir laman Heal Dove, Minggu (27/8/2017) luka bakar yang hanya memerah atau bahkan melepuh harus dialiri dengan air dingin selama lima sampai 30 menit, tergantung seberapa besar lukanya. Fungsi air dingin mampu membantu mengurangi pembengkakan.

Setelah itu, Anda bisa mengoleskan salep antibiotik dan menutup dengan perban agar terhindar dari bakteri. Namun, tak disarankan mengobati luka tersebut menggunakan es batu, karena dapat meningkatkan risiko peradangan apabila luka sudah terluka.

Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa meredakan rasa sakit pada area tubuh yang terpapar minyak goreng panas.

Madu dan Kunyit

Selama kulit tidak rusak atau berdarah, Anda bisa mengoleskan sedikit madu dan bubuk kunyit untuk meredakan sensasi panas atau terbakar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mentimun

Irisan mentimun dapat mengurangi pembengkakan luka bakar ringan. Mentimun mengandung antioksidan, vitamin C dan K yang efektif mengurangi peradangan. Mereka juga mengandung asam pantotenat yang dapat membantu kulit dan mempertahankan kelembapan.

Minyak zaitun atau lavender

Minyak zaitun yang dioleskan setiap hari selama beberapa minggu setelah luka bakar ringan akan membantu mencegah jaringan parut. Minyak esensial lavender juga bekerja sebagai antiseptik yang efisien dan bertindak sebagai penghilang rasa sakit, sehingga membantu penyembuhan lebih cepat.

Susu dingin atau buttermilk

Susu dingin, buttermilk, atau curd mampu menenangkan rasa sakit dan sensasi terbakar di daerah yang terkena minyak panas dalam hitungan menit.

3 dari 3 halaman

Lidah buaya

Mengoleskan daun lidah buaya yang baru dipotong dapat bantu mempercepat penyembuhan jaringan kulit yang rusak.

Cuka

Cuka encer dapat melemaskan otot dan mengurangi rasa sakit. Celupkan sepotong kain ke dalam mangkuk cuka encer dan oleskan. Terus ulangi sampai rasa sakit akibat percikan minyak goreng mereda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.