Sukses

5 Ramuan Ampuh Atasi Flu di Musim Hujan

Musim hujan bisa membawa berbagai jenis penyakit seperti flu atau influenza, ini ramuan pencegahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan bisa membawa berbagai jenis penyakit seperti flu atau influenza. Beberapa dari kita mungkin merasa sulit untuk beradaptasi dengan perubahan suhu setelah pancaroba. Akibatnya, banyak di antara kita yang akhirnya jatuh sakit.

Meski banyak vaksin atau suntikan untuk mencegah flu, tak semua orang punya daya tahan tubuh yang bagus. Dikutip dari Health Aim, Rabu (25/11/2015) siang, Anda bisa mengamati gelaja berikut dan segeralah cari madu untuk meredakan gelaja di bawah ini:

1. Demam atau merasa demam dan menggigil
2. Batuk
3. Sakit tenggorokan
4. Pilek dan hidung tersumbat
5. Nyeri otot dan tubuh
6. Sakit kepala
7. Cepat lelah
8. Muntah
9. Diare

Madu dan beberapa bahan di dapur Anda ternyata berguna bagi pengobatan rumahan untuk influenza. Untuk resep sederhana, campuran satu sendok teh air lemon dan madu dalam segelas air panas dapat membantu.

Selain madu, banyak tanaman yang bisa Anda manfaatkan lebih untuk pengobatan flu. Berikut 5 bahan dapur yang bisa dicampur dengan madu sebagai obat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cabe Jawa

1. Cabe Jawa (Long Pepper)

Bentuk tanaman ini seperti bunga pada daun sirih. Ambil satu sendok teh madu, cabe jawa yang sudah ditumbuk, dan setengah sendok teh air perasan jahe. Minum ramuan ini 3-4 kali sehari.

2. Kemangi (Basil)

Petik dalam satu mangkuk daun kemangi dan rebus dalam takaran dua gelas air. Minum 2-3 kali sehari. Tambahkan madu sebagai pemanis.

3. Kunyit

Campurkan satu cangkir susu dengan satu sendok teh sari kunyit dan jahe. Minum ramuan ini pada malam hari. Obat ini dapat membantu Anda mencegah komplikasi seperti radang tenggorokan atau laringitis.

4. Jahe

Teh jahe sangat membantu mengobati flu. Didihkan 2-3 irisan jahe dalam takaran 3-4 gelas air. Campurkan dengan teh celup dan konsumsi secara berkala setiap hari.

5. Bawang merah dan madu

Campurkan setengah cangkir jus bawang dan setengah cangkir madu. Anda hanya butuh mengonsumsinya dalam takaran satu sendok teh selama tiga kali sehari. Lakukan dalam 2-3 hari. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini