Sukses

Berharga Selangit, Ini 10 Berlian Paling Mahal di Dunia

Mahalnya cincin berlian bukan hanya karena kualitas, tetapi juga cerita dan legenda di baliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak orang, sulit memercayai tentang adanya cincin seharga puluhan miliar. Namun faktanya, beberapa cincin memang sengaja dirancang sebagai perhiasan supermahal dengan material berkualitas, potongan desain, dan bahkan legenda yang kadangkala menyertainya.

Dilansir dari laman wonderslist.com, salah satu komponen utama yang kerap membuat harga cincin melambung tinggi adalah jenis berlian yang menjadi makhkotanya.

 

Mahalnya harga berlian umumnya dinilai dari asal tambang, pendaran warna, hasil potong, dan kualitas poles. Namun kadangkala, harga berlian juga dapat dipengaruhi oleh pindah tangan pemilik, merek yang memproduksinya, dan profil pemilik terakhirnya.

Barikut adalah 10 cincin berlian termahal di dunia yang membuat banyak orang terpana.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mewahnya Berlian Biru

10. Blue Diamond Ring – Rp 134 Miliar

Cincin berbahan material platinum ini memiliki mata berlian 6,01 karat berbentuk cushion (bantal) yang dikelilingi oleh berlian merah jambu yang berukuran lebih kecil di kedua sisinya. Transaksi jual beli cincin ini diketahui pertama kali terjadi di Hong Kong dengan kisaran harga awal Rp 33,5 miliar. Selanjutnya, cincin ini dikabarkan telah berpindah tangan sebanyak tiga kali hingga mencapai terakhir Rp 134 miliar. Konon, sekarang cincin ini dimiliki oleh salah seorang miliarder asal China.

9. The Vivid Pink – Rp 158 miliar

Cincin yang menggunakan mata berlian asal Afrika Selatan (Afsel) ini diketahui masih dimiliki oleh satu orang yang dirahasiakan namanya. Warna merah mudanya yang cantik ternyata merupakan jenis berlian yang sangat langka dan hanya dapat ditemukan di tambang Koffefontein di (Afsel). Konon, pendaran warna merah muda yang cantik pada berlinan ini merupakan hasil dari endapan mineral laut dan pecahan meteor yang pernah menabrak kawasan pesisir tenggara Afsel.

8. Bvlgari Blue Ring – Rp 210 Miliar

Cincin ini memiliki kombinasi berlian biru 10,95 karat dan berlian putih 9,87 karat. Berlian birunya bahkan meraih rekor sebagai potongan intan triangle terbesar di dunia. Didesain oleh rumah mode Bvlgari, cincin ini pertama kali dirilis pada 1970 di Roma, Italia, sebelum akhirnya dibawa ke Amerika Serikat (AS) oleh biro lelang Christie’s. Menariknya, berlian ini diyakini membawa keberuntungan berupa kesuburan bagi wanita yang kemudian menjadi pemicu kenaikan harga jualnya yang berkali-kali lipat hingga Rp 210 miliar saat ini.

3 dari 4 halaman

Berlian Kuning Impian

7. Chopard Blue Diamond Ring – Rp 217 Miliar

Warna biru pada mata berlian berbentuk oval lansiran rumah mode perhiasan asal Swiss ini berasal dari adanya kandungan unsur kimia boron. Ini merupakan unsur kimia yang menciptakan kecenderungan warrna hitam metalik pada setiap unsur yang disematkan olehnya. Meskipun bernilai cukup fantastis dan memiliki desain yang indah, hingga kini, perhiasan tersebut masih terus berkeliling balai lelang di seluruh dunia.

6. Dream Diamond Ring – Rp 218 Miliar

Hal utama yang membuat berlian ini unggul adalah fakta bahwa desain cushion berlian ini sejatinya merupakan kumpulan dari 11 potong berlian kecil yang disusun layaknya mozaik. Jika digabungkan total karat per potongan kecil berlian, nilainya konon hampir mencapai 100 karat! Itulah mengapa intan ini disebut sebagai berlian impian.

5. Perfect Pink Diamond – Rp 311,5 Miliar

Cincin dengan mata berlian 14,23 karat ini merupakan pemecah rekor lelang tercepat sepanjang sejarah untuk penjualan perhiasan premium, yakni kurang dari 45 menit. Rekor tersebut diketahui berlangsung di Hong Kong dan diberli oleh miliarder setempat. Warna merah jambu yang berkilau bercampur dengan potongan cuchion bersiluet tegas membuat berlian ini begitu menarik perhatian.

4 dari 4 halaman

India Penghasil Berlian Termahal di Dunia

4. The Winston Blue Diamond Ring – Rp 319 Miliar

Berlian dengan bentuk tetesan air mata ini merupakan potongan berlian biru terbesar yng pernah ada di Bumi hingga saat ini. Berlian dengan ukuran 13,22 karat ini telah mendapat sertifikasi dari Institut Gemologi Amerika Serikat yang menilainya sebagai berlian dengan polesan halus terbesar di dunia. Ditemukan di sebuah tambang di Afrika Selatan, berlian ini diberi nama seusai dengan penemuanya, Harry Winston, seorang pengusaha perhiasan global kelahiran setempat.

3. The Graff Pink Diamond Ring – Rp 620 Miliar

Ukuran karat berlian ini begitu fantastis, yakni 26,3 karat dengan kemurnian bias cahaya hingga hampir 80 persen. Pembuatnya adalah label Harry Winston yang berhasil menjualnya di sebuah lelang di New York pada 36 tahun silam. Kini, berlian tersebut berhasil terjual seharga Rp 620 miliar melalui balai lelang Sotheby’s di Hong Kong.

2. Pink Star Diamond Ring – Rp 966 Miliar

Nilai karat berlian ini begitu fantastis ketika pertama kali ditemukan, yakni sebesar 132,6 karat dan secara mengejutkan berhasil terjual secara terbuka di New York pada 2015 lalu. Adalah Isaac Wolf, seorang pengusaha perhiasaan asal AS keturunan Yahudi yang langsung membelinya tanpa ragu. Bukan untuk dikoleksi, berlian ini justru diserahkan kepada otoritas permuseuman AS guna disimpan sebagai warisan dunia yang penting bagi anak cucu di masa depan.

1. Wittelsbach-Graff Diamond Ring – Rp 1,07 triliun

Berlian ini ditemukan pada akhir Abad ke-17 di tambang Kulloor di distrik Guntur di India. Ukuran karatnya jauh lebih kecil dari Pink Star Diamond, yakni hanya sebesar 31,06 karat. Namun kedalaman warna dan bias cahaya yang sempurna. Desain potongan segi delapannya di sebut sempurna sehingga memikat hati Raja Philip IV dari Spanyol untuk memilikinya. Kini, berlian ini tersimpan sebagai koleksi National Museum of Natural History di Washington DC, AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.