Sukses

Ini Bukti 'Perseteruan' Elang Vs Ular yang Sebabkan Kebakaran?

Jarang terjadi seekor burung terbakar hangus sambil tetap memegang mangsanya.

Liputan6.com, Black Eagle - Ketika terjadi kebakaran semak di kawasan Black Eagle, Montana, dinas pemadam kebakaran setempat mendatangi tempat kejadian sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

Kebakaran itu sendiri sempat meluas hingga lebih dari 160 ribu meter persegi sebelum berhasil dipadamkan seluruhnya. Setelah itu, pelaksana tugas asisten kepala bernama David Lee mendapatkan kejutan.

Dikutip dari Oddee pada Senin (18/9/2017), Lee menimbang-nimbang beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kebakaran, mulai dari petir, peralatan pertanian, atau arson (kebakaran yang disengaja).

Tapi semua dugaan itu langsung ditepisnya ketika menemukan bangkai hangus dua hewan yang diduga menjadi penyebab kebakaran.

Lee mengatakan, "Ada bangkai elang yang hangus setelah menyentuh kabel listrik. Yang mencengangkan, ia masih menggenggam seekor ular kecil pada cakarnya."

Memang benar, burung dan hewan-hewan lain dapat menyebabkan kebakaran. Tapi jarang terjadi seekor burung yang terbakar hangus sambil tetap memegang mangsanya.

Petugas pemadam kebakaran bernama Kyra Vanisko mengambil foto bangkai hangus elang itu di bawah tiang listrik. Bangkai itu sendiri sudah tidak dikenali, kecuali bagian cakar yang masih menggenggam ular.

"Menakjubkan. Saya tidak menyangka menemukan seekor helang dengan ular yang masih dalam cakarnya."

"Hewan itu tersengat listrik, bukan ditembak atau yang lainnya. Kita bisa melihat tempat ular itu menyentuh kabelnya."

"Menurut saya, ular itu membelit ke tiang lalu menyentuh kabelnya, kemudian aliran listrik merambat ke si burung," demikian menurut juru bicara bernama Dusty Thompson.

Karena bangkainya habis terbakar, spesies pasti burung itu tidak diketahui walau jelas ukuran tubuhnya setara dengan seekor kucing kecil.

Tapi, ada teori lain. Bentang sayap elang itu diduga telah menyentuh kabel listrik sehingga menyebabkan percikan yang memulai kebakaran. Percikan itu kemudian menyulut rerumputan kering di tanah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjadi Berulang Kali

Butch Larcombe, juru bicara untuk NorthWestern Energy, mengatakan bahwa padamnya listrik yang diakibatkan hewan dan burung di Montana, Amerika Serikat, bukan hal baru.

Enam tahun lalu, ketika terjadi pemadaman listrik dekat Helena, Montana, ditemukan ada anak rusa tersangkut di kabel listrik.

Larcombe menduga ada seekor elang yang menciduk anak rusa itu dari permukaan tanah, tapi mangsa tersebut terjatuh ketika sedang dibawa terbang.

Namun demikian, temuan dua bangkai hangus kali ini membuatnya kaget. Katanya, "Saya pernah mengalami pemadaman listrik oleh bajing, berang-berang, bebek, alap-alap, atau bahkan ular."

"Tapi ini pengalaman pertama dengan kombinasi elang dan ular."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.