Sukses

KSAD Endriartono Sutarto, KSAL Indroko Sastrowiryono

Presiden Abdurrahman Wahid akhrinya melantik Jenderal Endriartono Sutarto sebagai KSAD dan Laksmana Indroko Sastrowiryono sebagai KSAL.

Liputan6.com, Jakarta: Jenderal TNI Angkatan Darat Endriartono Sutarto dan Laksmana TNI Angkatan Laut Indroko Sastrowiryono, Senin (9/10) siang, resmi dilantik Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Kepala Staf AD dan AL. Hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 74/TNI/2000 yang dibacakan oleh Marsekal Madya Budhi Santoso, Sekretaris Militer Kepresidenan. Dengan dikeluarkan SK tersebut maka mulai tanggal 9 Oktober 2000, Jenderal TNI Tyasno Sudarto dan Laksamana Achmad Sucipto secara resmi tak lagi menjabat sebagai KSAD dan KSAL.

Sebelum acara pengambilan sumpah jabatan oleh Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri, Gus Dur menyatakan, mutasi dua kepala staf ini semata-mata demi pertimbangan meningkatkan profesionalisme dalam tubuh TNI, baik didalam memelihara keutuhan wilayah negara maupun dalam menghadapi segala tuntutan jaman. Presiden Wahid juga menegaskan, pemerintahannya tetap akan membangun TNI tanpa harus menghidupkan kembali militerisme.

Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Endriartono Sutarto mengatakan, ia akan mempertegas penegakan disiplin di jajaran prajurit TNI, khususnya bagi yang terlibat dalam aksi politik praktis dan kriminalitas. Sedangkan KSAL Laksamana TNI Indroko Satrowiryono berjanji akan meningkatkan operasi kelautan untuk memperkecil angka kriminalitas di laut, infiltrasi, serta ancaman kekuatan asing.(ULF/Jannus Siahaan dan Jhoni Akbar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini