Sukses

Jangan Disepelekan, Ini 6 Manfaat Luar Biasa dari Bernyanyi

Nyatanya tak sekedar hobi, bernyanyi bisa memberikan beragam manfaat yang luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta Bernyanyi menjadi salah satu kegiatan yang digemari oleh banyak orang. Bahkan tak sedikit yang menjadikan kebiasaan tersebut sebagai hobi mereka. Nyatanya tak sekedar hobi, bernyanyi bisa memberikan beragam manfaat yang luar biasa.

Dikutip dari Health Fitness Revolution, berikut deretan manfaat bernyanyi yang perlu kalian tahu.

Membentuk kemampuan komunikasi yang baik

Bernyanyi dikatakan sebagai bentuk komunikasi yang pertama kali diperkenalkan saat bayi. Menurut direktur dari Institue for Neuro-Physiological Psychology, Sall Goddard Blythe, menyanyi merupakan cara paling efektif untuk mengembangkan keterampilan komunikasi pada anak. Hal ini lantaran anak akan mempersiapkan otak dan suara untuk bahasa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membuat senang

Tahukah kalian bernyanyi nyatanya bisa membantu kalian melepaskan hormon endorfin dalam diri. Endorfin merupakan senyawa kimia yang dihasilkan secara alami oleh tubuh yang bisa membuat kita lebih bahagia dan tenang. Hal ini sama seperti setelah kita berolahraga.

3 dari 6 halaman

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Beberapa peneliti dari Universitas Frankfurt Jerman telah melakukan penelitian pada sebuah kelompok paduan suara. Para peneliti tersebut mengambil sampel darah dan air liur dari masing-masing anggota sebelum dan sesudah jam latihan. Uniknya, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kadar S-IgA (Secretory Immunoglobulin A), protein yang berfungsi seperti antibodi dalam sistem kekebalan tubuh.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Stres

Selain membuat diri lebih bahagia, bernyanyi juga bisa membantu mengurangi stres loh. Pasalnya ketika bernyanyi ketegangan otot dilepaskan. Hal ini membantu menurunkan kadar kolesterol dan hormon stres dalam aliran darah.

5 dari 6 halaman

Memperlancar sirkulasi darah

Tahun 2015 silam, The Alzheimer's Society membuat sebuah program bertajuk "Singing for the Brain" untuk membantu ingatan pasien mereka. Hasilnya menyatakan sirkulasi darah pasien lebih lancar ketika pertukaran oksigen selama bernyanyi.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan fungsi saraf

Seorang ahli neurobiologi dari Universitas Northwestern, Amerika Serikat, melakukan penelitian pada ratusan anak di sebuah sekolah. Dia menemukan peningkatan IQ dan fungsi saraf terhadap anak-anak yang bernyanyi atau belajar bermain musik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.