Sukses

Mengapa Banyak Orang Lahir dengan Lubang Kecil di Atas Telinga?

Lubang kecil di atas telinga ini hanya dimiliki oleh sedikit orang di dunia. Lubang apa sebenarnya?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang di dunia dilahirkan dengan lubang kecil di atas telinga mereka. Saking kecilnya, lubang ini hampir tak terlihat. Oleh para ilmuwan, lubang ini biasa disebut sinus prearicular.

Di Amerika Serikat, kurang dari satu persen orang yang memilikinya. Sementara di Asia dan bagian Afrika, sekitar 4-10 persen mungkin memiliki lubang kecil ini. Lubang ini biasanya hanya ditemukan di satu sisi, tapi ada pula yang memiliki di kedua telinga. Lalu, apa sebenarnya sinus prearicular ini?

Sederhananya, sinus prearicular merupakan lesung yang terbentuk di sekitar telinga luar, tempat tulang rawan telinga dan tulang wajah bertemu. Lesung ini merupakan cacat pada tubuh yang pertama kali didokumentasikan oleh seorang ilmuwan bernama Van Heusinger pada tahun 1864.

Menurut Business Insider, salah satu ahli biologi evolusi, Neil Shubin, mengatakan kalau lubang itu bisa saja merupakan sisa-sisa evolusi dari insang ikan.

Namun, jika Anda memiliki lesung tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Nyatanya lubang ini tidak menimbulkan masalah. Kecuali jika lubang ini terinfeksi, baru Anda perlu mengkhawatirkannya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini